Sejarah TK DON BOSCO

Hai teman-teman sudah pada tau belum bagaimana sejarah TKK Don Bosco? pasti tidak ada yg menyangka ya, kalau TKK Don Bosco itu mulanya kecil sekali, atau bisa dibilang amat sangat kecil. dan pernah mengalami suka duka sekolah jaman perang.. o.o jadi ingat pahlawan perjuangan.. tetapi sekarang TKK Don Bosco sudah jauh lebih sempurna dari pada puluhan tahun yg lalu. semua itu berkat dari Tuhan dan kerja keras Suster-suster Putri Kasih dan tentunya juga dari kinerja para guru, karyawan, orangtua wali murid, dan juga dari kita semua baik yg masih belajar maupun alumni TKK Don Bosco. nah yuk kita cermati perjalanan panjang dari sjarah TKK Don Bosco.
  • Panti asuhan “Don Bosco”, adalah sebuah panti asuhan yang dikelola oleh yayasan “Don Bosco” beranggota para Romo CM dan Suster Putri Kasih. Pada tanggal 1 Agustus 1936 diselenggarakan TK di dalam panti di jl. Ngemplak oleh para Suster Putri Kasih. Bagi anak-anak panti yang brjumlah 13 anak.
  • 1 Nopember 1937, panti asuhan di pindahkan di jl. Tidar 115. Anak didik bertambah menjadi 35-40 (20 anak panti dan selebihnya dari masyrakat sekitar) dengan memakai 2 ruang di gedung panti asuhan.
  • Oktober 1942, kegiatan belajar mengajar terhenti karena panti asuhan diduduki tentara Jepang. Supaya aman anak-anak panti asuhan dipindahkan ke jl. Dokter Sutomo, sedangkan anak TK dapat mengikuti pendidikan di TKK “Santa Maria” jl. Darmo.
  • Oktober 1947 panti asuhan dan anak TK kembali ke jl. Tidar 115, namun sarana dan prasarana sudah banyak yang hilang sehingga para suster melengkapi sampai tahun 1948 baru lengkap kembali.
  • Keberadaan panti asuhan dan TKK Don Bosco dapat diterima oleh masyrakat, banyak orang tua berminat dan mempercayakan anaknya untuk di didik di TKK Don Bosco. Terbukti dari jumlah murid 72 anak tahun 1948 menjadi 85 anak tahun 1949, akhir tahun 1950 menjadi 100 anak dan tahun 1951 menjadi 158 anak. Kebanyakan anak dari luar panti asuhan.
  • 1 Januari 1972, TKK Don Bosco yang di kelola oleh yayasan “Don Bosco” diserahkan ke yayasan “ST. Louisa” yang dikelola oleh suster-suster Putri Kasih.
  • 6 Mei 1978, TKK di pindahkan ke jl. Tidar 115A menempati bangunan baru yang dapat menampung lebih banyak murid.
  • Tahun 1994 TKK menerima anak berusia 3 tahun dengan membuka “Kelompok Bermain”. Dengan jumlah ada 76 anak usia kelompok bermain dan terus bertambah sampai sekarang.

    * sumber buletin TKK Don Bosco 2005.
  •  Nah teman-teman kalau sekarang ( tahun 2013/2014) TKK Don Bosco memiliki sekitar 316 anak didik, ada yg di Play Group (PG1,PG2), ada yg di TKA (A1, A2, A3, A4), dan  TKB (B1,B2, B3, B4). terimakasih teman-teman telah membaca sejarah  TKK Don Bosco. salam kenal dan salam juma dengan kami.