BREAKING NEWS :
Loading...


Gallery Kegiatan TK DB

DomaiNesia INDODAX

Cara cerdas menghadapi anak malas belajar:

1. Memotivasi si anak
Si anak yang malas belajar sebaiknya jangan dimarahi. Sebagai orangtua, Anda harus sabar menghadapinya. Anda harus memberikan motivasi agar si anak mau dan semangat untuk belajar. Selain itu, beritahulah manfaat yang bisa anak dapat jika dirinya rajin belajar. Misalnya mengatakan, “Anak yang rajin belajar itu disayang guru dan orangtuanya”. Dengan begitu, hati si anak mungkin akan tergugah untuk belajar karena dirinya ingin disayang.

2. Mengajaknya bermain sambil belajar
Salah satu cara efektif yang bisa Anda lakukan adalah mengajaknya bermain sambil belajar. Mungkin metode belajar yang sunyi malah akan membuatnya bosan dan malas belajar. Untuk itu, Anda perlu mendampinginya saat si anak sedang belajar. Selain itu, berikanlah pertanyaan-pertanyaan tentang pelajaran di sekolah ketika si anak sedang bermain. Cara lain yaitu saat si anak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan, Anda bisa memberikannya sebuah permen atau cokelat.

3. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
Anda perlu menetapkan jam belajar anak. Namun, saat si anak sedang belajar pastikan Anda menghargainya. Anda juga harus mematikan segala aktivitas yang mengganggu belajar si anak. Bila perlu, ikutlah menemani si anak belajar agar semangat belajarnya meningkat. Ketahuilah bahwa biasanya si anak akan merasa senang jika belajar ditemani oleh orangtua.

4. Memberikan penghargaan pada anak
Untuk meningkatkan semangat belajarnya, Anda juga perlu menghargai kerja keras si anak. Misalnya, karena si anak rajin belajar, lalu dia selalu mendapatkan nilai bagus saat di kelas. Agar membuatnya senang dan lebih semangat belajar, berikanlah penghargaan untuknya. Misalnya, membuatkan makanan kesukaan atau mengajaknya liburan.