Buah Hati Yang Cerdas

Mengetahui bahwa buah hati menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka cerdas sejak usia dini adalah sebuah kebahagiaan tersendiri bagi orangtua. Namun, mengasuh anak yang cerdas juga merupakan sebuah challenge tersendiri, lho, ladies!

Jika kebetulan ladies memiliki buah hati yang cerdas, berikut ini adalah beberapa tips parenting anak cerdas yang dikutip dari laman empoweringparents.com.

Ada banyak jenis karakter anak yang cerdas. Ada anak cerdas yang cenderung pendiam, banyak bicara, atau bahkan aktif. Jika buah hati anda adalah termasuk anak yang cerdas namun pendiam, maka cara yang paling tepat dalam mengasuhnya adalah dengan membiarkan mereka dalam dunianya. Ketika ladies memberi kesempatan si kecil untuk sendiri, maka mereka akan menggunakan waktu tersebut untuk “mengeksplor” kemampuannya. Saat anda akan mendistraksi kesendirian mereka, pastikan bahwa anda memberi sign terlebih dahulu, at least 5 menit sebelum anda “menarik” mereka dari dunianya.

Selain anak cerdas yang pendiam, ada pula tipe anak cerdas yang banyak berbicara. Jika buah hati ladies termasuk dalam kategori ini, maka anda harus siap dengan semua pertanyaan si kecil. Jawablah dengan jujur dan menggunakan bahasa sederhana yang dimengerti anak untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka. Sesekali, ajaklah buah hati untuk dulu dan dengarkan mereka bercerita. Setelah mereka menyelesaikan ceritanya, berikan komentar dan tanyakan beberapa pertanyaan sebagai bentuk antusiasme anda.

Next, beberapa anak yang cerdas cenderung memiliki sifat yang emosional. Kebanyakan dari mereka mampu “masuk” ke dalam karakter dalam film maupun buku yang mereka tonton dan baca. So, ladies sebagai orangtua wajib menyeleksi dengan baik tontonan dan bacaan buah hati anda.

Ada pula anak cerdas yang memiliki cara tersendiri dalam merapikan segala sesuatu. Mungkin di mata anda mereka masih “messed up”, namun di mata mereka sendiri, mereka telah melakukan yang terbaik untuk merapikan barang-barangnya. Nah, jika buah hati anda termasuk anak yang seperti ini, maka ajarkan sedikit demi sedikit bagaimana cara merapikan segala sesuatu dengan benar.

Selain itu, beberapa anak cerdas bersikap tidak paham dengan instruksi yang tidak jelas dan mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan. Jika buah hati ladies melakukan hal serupa, maka anda jangan terburu-buru marah kepada mereka. Sebaliknya, jelaskan kembali apa yang harus mereka lakukan. Dan berikan contoh agar mereka melakukan apa yang anda inginkan.

Kategori anak cerdas lainnya adalah mereka mudah marah. Jika si kecil mudah marah meskipun hanya karena hal sepele, maka ladies sebagai orangtua wajib mengarahkan mereka untuk mencari strategi dalam mengontrol rasa amarahnya tersebut.